Senin, 16 Februari 2015

Entrepreneur Mindset untuk UKM - Tips Pemasaran - 08993399944

Entrepreneur Mindset untuk UKM - Tips Pemasaran - 08993399944

Di dunia UKM dan UMKM banyak sekali Saya temui, pelaku wirausaha yang malah kurang berani bereksperimen merubah cara, mencoba strategi baru, karena terkadang sudah merasa berada dalam zona nyaman di bisnisnya, karena sudah jalan bisnisnya - sudah menghasilkan pendapatan bisnisnya dan sudah dijalankan bertahung-tahun. Tulisan ini sengaja Saya coba angkat dengan harapan dapat memberikan sedikit kontribusi pemahaman, pencerahan dan inspirasi bagi Anda - pembaca - pelaku / calon pelaku UKM dan industri kreatif. Entrepreneur Mindset untuk UKM - Tips Pemasaran - 08993399944

Tulisan ini mencoba merangkum singkat sifatnya, berdasarkan adanya pengalaman dengan sesi konsultasi, ketika ada seorang UKM direferensikan untuk bertemu Saya di Klinik Koperasi dan UMKM - di dinas koperasi dan UMKM Jawa Timur di Jl Raya Bandara Juanda 22 Sidoarjo, Jawa Timur. 
Entrepreneur Mindset untuk UKM - Tips Pemasaran - 08993399944

Berikut ini Diskusi dan sekilas cuplikan sesi konsultansinya :

UKM (U)              : Pagi pak, dengan bapak "Mentor Bisnis" ?
Mentor Bisnis (M)  : iya benar bu, kok sudah tahu nama saya langsung ibu?
(U)    : Iya, Saya ingin konsultasi pak, dan dibilang sama konsultan "senior" disini supaya menemui pak 
           "Mentor", karena masalah Saya tentang Sistem bisnis dan Perencanaan, supaya Bisnis tidak stagnan.
(M)   : Okey, Boleh diceritakan sedikit yang ingin ibu ceritakan ke Saya, dan bisnis apa yang ibu kerjakan ?
(U)    : Begini pak, Bisnis Saya bikin Sajadah Anak Kreatif, Kemudian Juga Sarung kreatif dan juga pas
           dekat Lebaran kemarin Saya juga jualan kue-kue kering. lalu Saya pun juga Ngajar siswa.
(M)   : Wah banyak sekali bisnisnya bu, Namun kira-kira yang menghasilkan yang utama yang mana ?
(U)    : Semuanya menghasilkan pak, karena Saya kadang memiliki kebosanan tinggi, apalagi kalo pas
           menganggur takada pekerjaan.Lebih baik saya jahit produk sajadah dll pak agar jadi duit.
(M)   : Oo Baiklah, kalo begitu yang mampu menghasilkan paling banyak dan kontinyu yang usaha mana bu?
(U)    : yha Yang Ngajar Pak, tapi Saya bukan Ngajar di SD SMP SMA, di rumah saya buka semacam
           LBB pak, Saya ngajar di Rumah dan LEs Privat panggilan. Namun nggak semua dapat Saya layani
           pak Waktunya habis. LBB juga seperti itu, banyak yang masih ingin daftar, tapi ini sudah penuh pak,
           tempatnya tidak memadai. butuh lokasi baru kalau mau menerima semuanya.

training ukm - pembicara wirausaha - konsultan bisnis kreatif

(M)   : lalu apa yang menarik dari bisnis LBB ibu ? berapa siswanya tiap tahun ?
(U)    : itu jadi pendapatan utama pak, siswanya yang reguler dan privat rata-rata 50 anak tiap tahun
           pelajaran baru. namun kadang saya bingung pak, ketika nganggur yha tetap saya gunakan untuk
           menjahit dan saya ingin Saya mampu jahit yang halus dan rapi, karena mitra saya absen Hamil pak.
           Nah sebaiknya bagaimana pak usaha Saya ini. Saya kok Capek,kadang kalau sampek pas lembur dll
           Katanya Saya disuruh merencanakan bisnis Saya, saya masih bingung apa yang mau Saya
           rencanakan?
(M)   : Oke, bu seandainya ibu ber fokus pada bisnis nya yang LBB apakah dapat dibesarkan bisnis itu
            lebih optimal? 
(U)    : Ooo, bisa Pak, karena lokasi saya bagus dan disekitar LBB saya banyak perumahan-perumahan
           baru pak.
(M)   : lalu apa yang membuat ibu tidak fokus pada bisnis LBB itu, kan kata ibu dapat lebih besar lagi?
(U)    : ya kalo pas longgar, saya kan orang nya tidak bisa diam pak, jadi ingin waktu itu tak terbuang saya
           gunakan jahit dll

(M)   : Dari apa yang ibu sampaikan, Saya yakin bila ibu fokus pada LBB nya waktu yang nganggur akan   
           terpakai, saat ibu benar-benar memperhatikan setiap detail bisnis LBB tersebut,dan dengan begitu
           justru ibu tidak akan ada waktu menganggur lagi.
(U)   : Iya juga ya pak, wah Saya nggak pernah mencobanya seperti yang bapak bilang tadi. baiklah pak
          selanjutnya Saya harus bagaimana pak ?
(M)  : tenangkan pikiran ibu, kemudian mulailah susun langkah-langkah ACTION untuk membesarkan
          bisnis LBB Anda, perkuat setiap detail di proses bisnisnya, baik pengaturan STAFF/SDM,
          manajemen guru/tentor LBB, manajemen usahanya - pembukuannya dan jangan lupakan selalu
          promosi/memasarkan...ke area sekitar radius 5 km...agar tetap tumbuh usahanya ibu.
(U)   : Baik pak Mentor Siap Laksanakan.
(M)  : Baiklah..... Semoga Bermanfaat dan menjadi titik awal perubahan ke arah yang lebih baik bu. Sukses
          ya untuk bisnisnya.
(U)   : Terima Kasih Pak Mentor Bisnis.
(*kurang lebihnya : begitulah sesi konsultasi yang kami coba buat dalam kata-kata sederhana)

Ada banyak sekali pembelajaran dari hal tersbut, semoga Bila Anda pun dalam kondisi yang seperti ibu di atas dapat mengambil inspirasi dan motivasi ke arah bisnis Anda dan tumbuh dan semakin besar bisnisnya. Semoga kita semua sukses berjamaah. KAmi bantu doa dan Anda juga bantu doa yah agar bisnis kita semua yang kita ikhtiarkan dan kita jalankan di jalan yang halal semakin berkembang.
Silahkan di share bila Anda merasakan ada manfaatnya dan mungkin dapat memberi manfaat buat saudara maupun teman dan kawan yang lain.
Sukses selalu kawan.

Salam

@mentorbisnis
www.trainingukm.com

Entrepreneur Mindset untuk UKM, Tips Pemasaran, konsultan bisnis kreatif surabaya, konsultan bisnis kreatif, konsultan bisnis umkm, dinas koperasi ukm jatim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar