Jumat, 21 Februari 2014

Tips Bisnis Kreatif - Jeli Melihat Peluang Pasar

Tips Bisnis Kreatif - Jeli Melihat Peluang Pasar

Assalamu Alaikum.Wr.Wb

Ketika ditodong untuk berbagi pengalaman tentang Jeli Melihat Peluang Pasar terlintas banyak gambaran di kepala, karena pengalaman yang beragam pernah Saya dapatkan dalam memanfaatkan peluang / kesempatan jadi duit. meskipun belum tentu peluang atau kesempatan yang menghasilkan itu akhirnya jadi Bisnis yang digeluti setelahnya.

Apa saja peluang itu kok sepertinya mudah dan semua dapat menjadi duit ?

#Pernah Saya Menjual Barang-barang IT (PC-Laptop-Printer-HP)
#Pernah Juga Bermain di area Properti (Rumah-Apartemen)
#Pernah Berbisnis di area Kuliner (Ayam Goreng - Pecel Sinom) 
#Sering berkecimpung di dunia Entrepreneur Mindset (Trainer-EO-Mentoring) dll

So, Kalo niatan awalnya berbagi Tips Bisnis Kreatif - Jeli Melihat Peluang Pasar, lalu bagaimana kok dapat melakukan itu semua dan bisa dapat DUIT ? simak tips berikut ini :


Tips Bisnis Kreatif - Jeli Melihat Peluang Pasar sangat sederhana, Namun proses menjadikannya juga perlu ada langkah-langkah sebelumnya. Jadi apa yang harus diperkuat duluan sebelum menjadikan peluang-peluang di depan mata itu jadi duit diantaranya :

1. Langgengkan Silahturahmi - Bangun Networking.
    Silahturahmi atau bahasa kerennya networking pegang peranan penting bagi Saya, karena tanpa adanya kawan-teman baik yang akan Saya posisikan sebagai produsen / supplier / investor , maka peluang yang ada / dalam hal ini masuk dalam order sales tak akan ketemu jadi duit bila tidak ada informasi bisnis dari hulu/pemasok barang/jasa nya. Contoh : Ketika ada orang bertanya kepada Saya butuh Tempat tinggal sementara, Saya teringat ada kawan Saya juga yang lain dan pernah  menyampaikan bahwa Apartemennya lagi kosong dan nganggur tak terpakai. So? tinggal menjalin komunikasi tripartit hehehe, mengkondisikan hulu dan segera mengedealkan hilir, dan alhasil terjadilah transaksi. Transaksi berjalan dengan sistem kontrak sementara, sewa apartemen lengkap dengan perabotannya selama hampir 1 tahun.

2. Beri bukti kongkret - Wujudkan Trust 
    Ada peluang kalo tidak segera ditangkap akan lenyap oleh Angin. namun ketika udah berusaha menangkap harus bergerak cepat untuk memberi bukti nyata bahwa apa yang dibutuhkan calon klien Anda benar-benar dapat Anda siapkan sebelum deadline tiba. Contoh : Ketika ada orang yang sedang cari PC untuk kantornya, gerak cepat untuk mempersiapkan paketannya-brosur yang ingin dilihat beserta harga yang juga ingin dibandingkan dengan yang lain tentunya. ketika Kita mampu sigap terhadap permintaan calon konsumen, poin plus-plus untuk DEAL terjadi, dan hal itu benar Terjadi. karena Konsumen kadang melihat keseriusan penjual, pelayanan penjual dll.

3. Jalankan Bisnis - Perkuat Skill di bisnis
    Setelah Anda memiliki bisnis sendiri dan memiliki spesialisasi tertentu, tawaran seolah tanpa dikoordinir dapat muncul kapan saja. jadi poin pentingnya skill yang harus diasah, dengan melalui pembelajaran teori dari buku-pelatihan-seminar dll, hingga Praktek langsung pegang bisnis. Sehingga ketika dua hal itu terjadi kombinasi yang bagus menghasilkan beragam output / produk / jasa yang juga dapat dikonversi jadi duit. contoh : hampir berdekatan di pertengahan 2013 dan hingga 2014 Saya pribadi, dapat dijadwalkan membina para Calon WUB (Wirausaha Baru) binaan perusahaan BUMN dan Swasta asing.



Next tips akan bahas .... Pilih Jadi Loyal Trend atau Loyal Brand ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar