Sabtu, 14 September 2013

Tips Memulai Usaha - Mandiri dengan Bisnis Sejak Mahasiswa - Siswa Mulai Berbisnis - Pembicara Seminar Wirausaha di Surabaya

Tips Memulai Usaha - Mandiri dengan Bisnis Sejak Mahasiswa - Siswa Mulai Berbisnis - Pembicara Seminar Wirausaha di Surabaya - Pembicara Wirausaha Sidoarjo - Pembicara Pelatihan Wirausaha Jawa Timur

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Salam Semangat Sehat dan Bahagia untuk Anda Semua

Tips kali ini seputar bagaimana memulai usaha untuk Anda semua, agar membuat Anda semua yang masih ragu, ditambah lagi kurang percaya diri, dan memiliki 1001 alasan, semoga sedikit informasi ini menggugah ANDA, mampu memBANGUNkan KEKUATAN Anda yang masih belum dioptimalkan untuk bersegera ACTION membuat - membangun USAHA / BISNIS.

1. LIHAT DAN KAJI PELUANG DI SEKITAR ANDA
Ada banyak sekali peluang di sekitar kita yang kadang malah yang memanfaatkan orang lain, teman kita, tetangga kita, bahkan orang-orang jauh yang belum kita kenal / tidak berasal dari daerah tempat tinggal kita, tempat dimana peluang itu tersedia dan sangat terbuka untuk dikerjakan. di lingkungan kampus bagi Anda yang masih mahasiswa banyak peluang yang dapat dikerjakan hanya dengan mencoba memenuhi kebutuhan kawan-kawan Anda terkait produk/jasa. di lingkungan sekolah, ada banyak peluang yang dapat dikerjakan dan semuanya dapat dijadikan sarana awal pembelajaran memulai usaha TANPA harus mengorbankan waktu SEKOLAH / KULIAH nya. Berbagai bisnis dapat dirintis dari bawah dari kerjasama dengan sang pemilik dengan beragam teknik dengan modal minim bahkan nyaris tanpa modal dapat dikerjakan. Hal yang sangat penting adalah BERANI melakukan pendekatan pada yang punya produk / jasa tersebut di sekitar kita. pendekatan seperti apa yang harus dilakukan ? (simak poin selanjutnya)


2. BIASAKAN KOMUNIKASI EFEKTIF
Komunikasi memegang peranan penting karena disinilah terjadi pendekatan - negosiasi - deal - kerjasama dll yang membuat usaha awal dapat berjalan / diwujudkan. sederhananya, dalam melakukan komunikasi efektif, sebelumnya rumuskan tujuan awal maksimal 3 poin yang ingin anda dapatkan dari sebuah komunikasi. ada contoh banyak kejadian baik yang Saya alami maupun kawan-kawan saya alami dalam menerapkan komunikasi yang efektif beberapa menit saja dapat terjadi sebuah deal maupun kerjasama bisnis. posisikan Anda menjadi pihak yang akan membantu pemasaran lebih mudah diwujudkan jadi sebuah kerjasama usaha. karena ujung tombak semua bisnis / perusahaan pada umumnya di penjualan/pemasaran.


3. RENCANAKAN DAN PAHAMI RESIKONYA
Setiap usaha yang ingin dikembangkan jadi besar dan eksis dimulai dari punya rencana yang jelas, dan sebagai owner / calon pemilik, Anda harus juga mengkaji Resiko terburuk dari rencana yang akan Anda wujudkan jadi bisnis Anda. dalam bahasa sederhana Saya sering menyampaikan dalam seminar - pelatihan bahwa : "Setiap bisnis punya resiko masing-masing, bersiap untuk Rugi - jatuh - gagal dan bersiaplah juga untuk untung besar dan sukses".

4. BANGUN MENTAL WIRAUSAHA (ENTREPRENEURS MINDSET)
Berbisnislah dengan hati dengan kejujuran dan keluarkan - pergunakan semua jurus yang dapat digunakan dengan tetap menjaga kaidah etika dalam berbisnis (Business Ethic). Siap jatuh - siap rugi - siap ditipu - siap kerja keras - BERANI ACTION - berani menerima komplain dan tetap juga siap menerima profit besar dan tak terduga - siap kebanjiran order - siap punya banyak teman, sahabat, saudara baru gara-gara bisnis anda berjalan, serta tanpa disadari sunnah rasul pun dapat Anda kerjakan seperti, memperkokoh silahturahmi, rajin ke masjid untuk berjamaah, suka membantu dan menolong orang lain yang membutuhkan, rajin sholat dhuha dan sholat malam, rajin menebar kebermanfaatan - pengalaman dll. bagi yang beragama non muslim pun Saya yakin akan makin banyak menebar kebaikan buat sesamanya. karena pengalaman di lapangan penulis memiliki banyak kawan dari kalangan pebisnis tionghoa-cina, nasrani, hindu dll dan luar biasa dalam berbagi dan berbuat kebaikan untuk sesamanya.



5. WUJUDKAN (ACTION)
Tidak akan Anda alami SUKSES, Tidak akan Anda alami yang sudah direncanakan dan dipahami resikonya, maupun yang sudah dikomunikasikan dan di survei sebelumnya, bila Anda tidak segera meWUJUDkannya jadi usaha yang Anda jalankan sepenuh hati dengan kerja keras dan visi yang jauh di depan. Kawan, Anda harus mengalami sendiri apa yang akan terjadi, di awal proses merintis usaha yang diibaratkan oleh banyak orang mendorong mobil yang mogok, dimana di awal berat sekali namun ketika sudah berjalan tidak terlalu membutuhkan dorongan yang kuat seperti awal pertama kali. di tengah proses Anda juga harus mengalami proses dimana skill Anda diuji, mengalami cobaan-cobaan SDM, Finansial, Produksi dll. barulah ketika layak dan lulus ujian itu semua, Anda pun juga harus menikmati akhir proses dimana usaha Anda sudah jadi besar, dan Anda menjadi Bos menjadi CEO menjadi Owner dari usaha yang Anda rintis dari bawah dari 0 dan kepuasan yang tiada tara yang dapat anda nikmati di proses akhir ini.


Saya rasa 5 Tips singkat ini yang dapat kami bagi di tulisan kali ini, semoga Bermanfaat buat Anda para Mahasiswa - siswa - karyawan yang ingin wirausaha. karena murni pengalaman di lapangan, jadi kalau Anda baca mungkin akan terlihat gaya bahasa yang street smart bukan teori murni.hanya 5 tips karena kalo lebih nanti bukannya malah Anda ACTION malah hanya akan berpikir muter-muter terus dan memainkan peRASAan terus. 

Kawan, bila ANDA Merasa Mendapat Manfaat dari tips di atas ? Kami tunggu buktinya dari Anda - baru Kami perbolehkan Cerita dan sebarkan ke banyak orang. Karena kalo belum terbukti janganlah, ntar Anda dikira OMDO alias OMong DOang, Oke, Salam untuk Anda Semua, Semoga Bermanfaat dan sedikit demi sedikit dapat merubah kebiasaan - kehidupan Anda dalam menjemput REJEKI dari ALLAH S.W.T

Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Tulisan/Artikel : Tips Memulai Usaha - Mandiri dengan Bisnis Sejak Mahasiswa - Siswa Mulai Berbisnis - Pembicara Seminar Wirausaha di Surabaya - Pembicara Wirausaha Sidoarjo - Pembicara Pelatihan Wirausaha Jawa Timur 
dari : @ronyorysu
WIRAUSAHA - TRAINER - SANTRI ONLINE MARKETER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar